MENCURI HATI SISWA LEWAT RELASI/HUBUNGAN GURU, SISWA , DAN ORANG TUA DI SEKOLAH

By Administrator 13 Des 2022, 14:59:39 WIB Pendidikan
MENCURI HATI SISWA LEWAT RELASI/HUBUNGAN GURU, SISWA ,  DAN ORANG TUA DI SEKOLAH

Hubungan kerja sama orang tua dengan guru adalah suatu usaha atau kegiatan bersama antara orang tua dengan guru dalam mecapai tujuan bersama yaitu meningkatkan dan mengembangkan akademik siswa sehingga akan berakibat pada pendidikan dan perkembangan peserta didik.

Masalah relasi/hubungan dengan siswa dan orang tua yang sering temui di sekolah :

  1. Siswa tidak mengenal semua guru yang ada disekolah
  2. Siswa tidak tertarik terhadap mata pelajaran guru tertentu
  3. Siswa terkhusus "siswi jurusan akuntansi" karena mayoritas perempuan, menjadi tiba-tiba 'Disrespect' atau tidak menyukai guru-guru tertentu

 

Analisis permasalahan tersebut :

  1. Siswa tidak mengikuti kegiatan orientasi awal masuk sekolah secara maksimal, siswa membatasi interaksi hanya pada lingkup jurusannya
  2. Guru kurang memahami karakter siswa, dan tidak pernah melakukan pendekatan secara personal, sehingga ketertarikan siswa terhadap guru ataupun mata pelajaran tersebut rendah.

 

"Beberapa orang pasti berpikiran membuat sesuatu menarik adalah hanya dengan merekayasa sesuatu dengan kreatifitas tingkat tinggi. Dengan sudut pandang yang berbeda, membuat menarik suatu materi pembelajaran tidak hanya mendesain sedemikan rupa kreatifnya, tetapi ada hal yang lebih penting yaitu 'Mencuri Hati Siswa' , dengan pendekatan serta metode masing-masing guru, mencuri hati siswa dapat diartikan sebagai guru disenangi siswa sebagai pribadi yang ramah tidak kaku dan dapat menjadi panutan, guru diharapkan kedatangannya, guru ditunggu penjelasan materinya, sehingga ketika kita sebagai pendidik dapat 'Mencuri Hati Siswa' apapun materi yang akan kita ajarkan, siswa akan antusias dan merasa tertarik karena suasana hati yang tenang, tidak terbebani, belajar dengan menyenangkan."

Ibnu Ikhsanudin Bakhtiar, S.Pd.
Mahasiswa PPG Daljab 2022




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment