LIBAS – Wujud Nyata Mencintai tak Hanya dalam Hati, Tapi Juga Tindakan

By Administrator 27 Sep 2022, 14:38:13 WIB Pendidikan
LIBAS – Wujud Nyata Mencintai tak Hanya dalam Hati, Tapi Juga Tindakan

SMK N 1 Randudongkal mencanangkan gerakan LIBAS (LIhat Bawah Ambil Sampah), Jumat (23/9). Gerakan ini merupakan gerakan lanjutan yang telah dirancang oleh tim Satgas Budaya Industri di sekolah. Sebelumnya tim Satgas Budaya Industri sudah melaunchingkan Budaya Industri di sekolah pada 8 Agustus 2022 dengan merilis “budaya berjalan di jalur hijau” seperti yang diterapkan pada dunia industri. Sebagai sekolah vokasi yang menuntut lulusannya sudah disiapkan untuk dunia industri, sekolah menyadari perlunya gebrakan positif semacam ini.

 

LIBAS sendiri mulai disosialisasikan pada hari Jumat, 23 September 2022. Berlokasi di Masjid sekolah, kegiatan ini dihadiri oleh seluruh siswa kelas XII dari semua program keahlian. Dipimpin langsung oleh tim TPMPS, STP2K, dan Satgas Budaya Industri sebagai pemateri sosialisasi, acara ini berlangsung tertib. Para pemateri menyampaikan betapa pentingnya kebiasaan peduli kebersihan lingkungan sekolah yang kelak akan membudaya di sekolah. Seperti halnya salah satu dari slogan 5R yaitu resik, siswa diminta untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Hal ini dilakukan agar siswa terbiasa dan menjadikan itu sebagai budaya dalam dirinya. Joko Nur Fitriyanto, M.Pd selaku pemateri mengatakan “Menjaga dan mencintai sekolah harus datang dari dalam hati, dari diri sendiri, sehingga menimbulkan juga kesadaran dan kebersihan di sekolah”.  

 

Namun demikian, minimnya rasa kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan di sekolah masih saja terjadi. Masih saja ada siswa yang tidak acuh terhadap kebersihan di lingkungan sekolahnya. Sidik Lestiono, S.Pd ketua Satgas Budaya Industri menyampaikan “Permasalahan yang sedang dihadapi oleh sekolah kita, yaitu kebiasaan yang sangat luar biasa (tidak peduli kebersihan). STP2K sudah membuat aturan berkaitan dengan kebersihan tetapi tetap saja masih ada yang tidak melakukan”. Beliau pun menambahkan “Kita harus peduli terhadap kebersihan lingkungan, jadikanlah kebiasaan, kemudian jadikanlah sebuah budaya”.

 

Gerakan LIBAS ini akan mulai diterapkan pada hari Senin, 26 September 2022. Harapan dari adanya gerakan ini, dapat menumbuhkan rasa cinta siswa terhadap sekolah dengan ikut andil menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Menjadikannya sebuah budaya yang positif. Dan menciptakan kenyamanan bagi seluruh warga sekolah.

 

Kira-kira kamu mau ikut gerakan LIBAS ini tidak ya? Atau kamu termasuk tim yang tidak acuh pada gerakan ini?




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment