Menulis Tembang Pocung Metode Numbang Mase dengan Model Problem Base Learning metode diskusi
Gilang Yudha Prakoso, S.Pd.

By Administrator 15 Des 2022, 08:54:04 WIB Pendidikan
 Menulis Tembang Pocung  Metode Numbang Mase dengan Model  Problem Base Learning metode diskusi

Gambar : Diskusi Membuat Tembang Pocung


Pendahuluan

Tembang macapat merupakan salah satu wujud karya sastra Jawa yang diajarkan di sekolah. Namun pada kenyataannya banyak siswa yang kesulitan saat membahas materi ini. Salah satu faktor penghambatnya adalah motivasi dan minat siswa yang sangat kurang dengan materi pembelajaran tembang macapat. Selain itu bahasa yang digunakan dalam tembang macapat juga kebanyakan bahasa Jawa kuna. Hal ini membuat siswa semakin bingung karena bahasa tersebut sudah tidak digunkan dalam bahasa pergaulan sehari – hari. Dalam penulisan teks tembang macapat seorang siswa haruslah memperhatikan cara penulisan salah satunya adalah memperhatikan struktur tembang macapat yang menjadi acuan.

Selain dari materi pembelajaran, faktor penghambat berikutnya adalah dari guru pengampu mata pelajaran. Kemampun guru dalam membawakan materi pembelajaran adalah modal awal dalam keberhasilan guru mencetak siswa yang berhasil. Namun pada kenyataannya kreatifitas dan keterbatasan guru dalam penguasaan media, model pembelajaran serta metode pembelajaran masih kurang.

Selama ini kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru (Teacher Center) atau masih menggunakan sistem pembelajaran konvensional. Metode ceramah dan penugasan masih banyak menjadi andalan dalam pembelajaran. Padahal dengan menggunkan metode tersebut dapat menyebabkan motivasi siswa berkurang serta siswa pasif dalam pembelajaran.

Oleh karena itu penulis memilih menggunakan model pembelajaran Problem Base Learning (PBL). Salah satu kelebihan model ini adalah dapat mneingkatkan motivasi dan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Sedangkan metode yang digunakan adalah Numbang Mase “Nulis Tembang Tema Sekolah”

Isi

Strategi yang digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah menggunkaan model Problem Base Learning (PBL) dengan metode Numbangmase “Nulis Tembang Tema Sekolah”. Adapun langkah – langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Guru memulai pembelajaran dengan salam, berdoa, mengecek kehadiran peserta didik, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, melakukan tes diagnostik serta melakukan ice breaking
  • Peserta didik mengamati materi struktur tembang macapat dan cara menulis teks tembang macapat secara singkat
  • Guru bertanya jawab berkaitan tentang materi yang sudah disampaikan
  • Guru membagi peserta didik dalam bentuk kelompok kerja, masing masing anggota dalah 6 orang
  • Guru memberikan tema Sekolah “SMK Negeri 1 Randudongkal” kepada peserta didik untuk tembang pocung yang aklan disususn oleh siswa
  • Peserta didik berdiskusi menentukan objek yang akan diangkat dalam teks tembang karya kelompok. Dalam hal ini adalah tahap Numbang mase peserta didik menggambarkan lingkungan sekolah yang akan menjadi objek kemudian mendiskripsikan objek yang diamati dalam bentuk deskripsi singkat menggunakan bahasa Jawa.

“Gambar 1:Diskusi Kelompok”

  • Tahap selanjutnya adalah merubah deskripsi singkat tentang objek dalam bentuk teks tembang pocung menggunakan aturan penulisan yang benar.
  • Tahap akhir adalah peserta didik menuliskan teks tembang pocung yang disusun ke dalam LKPD yang sudah disediakan guru

 

 

 

 

 

 

 

“Gambar 3: LKPD Kelompok 3”

  • Guru membimbing, memantau proses diskusi serta memberikan bantuan berkaitan dengan kesulitan belajar peserta didik

 

 

 

 

 

 

       

 

        “Gambar 4: Guru membimbing diskusi peserta didik"

  • Guru memberikan kesempatan kepada setiap kelompok untuk menampilkan hasil diskusinya dengan model gallery walking

 

 

 

 

 

 

 

 

 

“Gambar 5: Peserta didik menempelkan hasil diskusi”

  • Kelompok lain menganalisis hasil diskusi dengan menggunakan lembar kerja yang sudah disediakan
  • Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mempresentasikan hasil pengamatan teks tembang kepada kelompok lain secara bergantian
  • Guru memberikan pengharagaan (reward) kepada kelompok dengan karya teks tembang terbaik
  • Guru melakukan refleksi pembelajaran, menutup pembelajaran dengan berdoa serta salam

Pelaksanaan pembelajaran menulis teks tembang pocung dengan teknik Problem Base Learning (PBL) dengan metode Numbang Mase berjalan sesuai sintak dan tujuan pembelajaran yang dicapai yaitu peserta didik dapat mencipta teks tembang pocung dengan tema sekolah dengan aturan yang benar. Penerapan model dan metode ini dirasa cocok untuk materi menulis teks tembang pocung. Penerapan model Problem Base Learning (PBL) dan metode Nembang Mase adalah satu hal yang baru bagi penulis. Dampak dari penerapan aksi langkah pembelajaran adalah sebagai berikut:

  1. Pembelajaran sudah tidak teacher center, melainkan sudah tertumpu pada peserta didik guru hanya sebagai fasilitator pembelajaran
  2. Peserta didik menjadi lebih termotivasi dan aktif dalam pembelajaran
  3. Peserta didik dapat menciptakan teks tembang pocung dengan tema sekolah menggunakan metode Nembang Mase

Hasil dari pembelajaran ini penulis anggap efektif untuk mengatasi masalah rendahnya motivasi dan keaktifan siswa saat pembelajaran tembang macapat. Dengan meningkatnya motivasi dan keaktifan siswa dapat berpengaruh dengan prestasi siswa didalam kelas.

Penutup

Praktik pembelajaran ini penting untuk dibagikan karena banyak guru mengalami masalah yang sama terkait motivasi dan keaktifan siswa. Sehingga melalui praktik ini diharapkan bisa memotivasi diri penulis serta menjadi referensi dan inspirasi bagi rekan guru lainnya.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment